Senin, 30 Agustus 2010

Blogger Juga Calon Ahli Surga

Sebuah riwayat mengatakan bahwa 3 perkara yang tidak akan putus setelah anak manusia meninggal dunia adalah : pertama, anak sholeh yang mau mendo’akan kedua orang tuanya. Kedua, amal kebaikan selama di dunia dan ketiga ilmu yang bermanfaat yang tidak akan ada putus putusnya (mengalir).

Kenapa saya menulis judul Blogger juga calon ahli surga? Dari tiga perkara yang tersebut di atas blogger memiliki salah satu ciri bahwa dia adalah seorang penulis, senang berbagi ilmu kepada sesama. Blogger walaupun tidak langsung bertemu dan bertatap muka dengan pembacanya, tetapi substansi menyebarkan ilmu melalui tulisan-tulisannya dapat memberikan manfaat sama dengan mengajarkan kebaikan. Pembaca bisa menjadi mengerti, faham dan luas cakrawala keilmuannya serta mannfaat. Dan apabila hal itu kemudian diajarkan kembali oleh pembaca (melalui blog atau media lain) berarti amal nya juga tidak akan putus putus.

Menulis walau satu kalimat, misalnya Ayo ngeblog!. Sudah bernilai pahala. Mengapa? Pasti pembaca akan bertanya tanya dalam pikirannya ada apa dengan ngeblog? Apa manfaatnya? Bagaimana caranya? Dimana saya bisa mencari ilmunya? Dengan pertanyaan pertanyaan seperti itu secara tidak langsung mendorong seseorang untuk bertholabul ilmu.

Oleh sebab itu jangan hanya memandang blogger hanya membuang buang waktu tidak ada manfaatnya, sebagian memandang blogger hanya bertujuan mencari duit dan duit (blogger matre). Awalnya sih dulu iya, he..he.. tapi berubung menulis menjadi pekerjaan yang menyenangkan hal itu lama lama terkikis dengan sendirinya. Lagipula sepertinya tak akan mendapat apa apa kalu niat itu sekedar mencari duit (kalau tak dapat duit) tanpa di niatkankan berbagi ilmu dengan sesama.

Setiap kata, kalimat yang kita tulis dengan niat yang baik dan ikhlas. Ikhlas berbagi ilmu dengan sesama, memberikan saling pengertian dan kefahaman, maka bertambahlah amal kebaikan kita. Amien....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar